The Most Popular Traffic Exchange

Jumat, 09 Juli 2010

Manfaatkan Twitter Sebagai Gudang Informasi Online!!!

Twitter adalah layanan microblogging yang sedang booming saat ini dengan jutaan pengguna, dengan twitter kita dapat mengikuti perkembangan dunia dari layar komputer bahkan ponsel, nah bagaimana kita bisa memanfaatkan layanan ini menjadi lebih bermanfaat sebagai sarana informasi berharga dan bukan sekedar media pertemanan yang banyak menyita waktu, jadi selain dapet teman juga dapet informasi tanpa membuang banyak waktu!

Kategory friend di twitter ada 2(dua) kelompok pengguna, yaitu following dan follower!
following adalah group berisi orang2 atau pengguna yang kita follow, artinya kita akan mendapatkan update informasi ketika orang2 yang kita follow melakukan update status atau informasi!

followers adalah group berisi orang2 atau pengguna yang memfollow profile kita, artinya setiap kita melakukan uptate status atau informasi maka mereka akan mendapatkan informasi tersebut!

Dua hal tersebut yang agak membedakan twitter dengan facebook dalam masalah informasi yang didapatkan, di facebook semua status teman akan muncul di halaman home atau beranda kita, sedangkan di twitter kita bisa menyeleksi informasi siapa saja yang kita butuhkan jadi gak memusingkan!

Sangat menguntungka ketika profile kita memiliki jumlah folowwer yang banyak, itu berarti banyak orang yang tertarik pada informasi yang kita share dan merasa penting untuk selalu mengikuti perkembangan informasi yang kita berikan artinya informasi yang kita berikan tidak sia2 alias banyak yang baca, hal ini biasa terjadi pada PublicFigur seperti selebritis dan  pejabat atau orang2 ternama, juga beberapa media cetak, elektronik, televisi dan media online yang selalu mengupdate headline beritanya di twitter, selain itu beberapa perusahaan atau organisasi juga biasa mempublikasikan informasi yang di butuhkan pelanggan atau anggotanya melalui twitter karena di rasa lebih mudah dan simple! dari sini kita juga bisa memanfaatkan twitter untuk membangun komunitas!

Nah kentungan juga bisa kita dapatkan dengan menjadi following, tentunya kita harus selektif memilih profile twitter yang akan kita follow dengan berbagai pertimbangan sesuai kebutuhan, jangan memfollow secara brutal dan membabi buta karna hanya akan membuat halama utama kita penuh dengan informasi yang tidak kita butuhkan! followlah yang di butuhkan saja. Contoh jika anda adalah orang yang selalu update dengan berita2 aktual maka followlah profile dari beberapa media cetak, elektronik, televisi dan media online yang selalu mengupdate headline beritanya di twitter, dan jika anda adalah fans berat dari artis ternama maka silahkan di follow untuk mengetahui aktifitas kesehariannya!

Twitter juga termasuk media pertemanan, jadi anda juga bisa memanfaatkan twitter untuk saling berbagi informasi dengan teman2 dekat, atau sekedar berbagi informasi aktifitas yang sedang di lakukan, ini bisa dilakukan dengan saling memfollow antara kita dan teman2 kita!dengan begitu kita bisa saling mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh teman2 kita!

Trending Topik!
Sekarang bagaimana agar kita bisa mengetahui perkembangan dunia saat ini atau apa yang hal paling sering di bicarakan orang saat ini yaitu dengan memanfaatkan Trending topik yaitu salah satu layanan dimana kita bisa mengetahui apa yang paling sering di bicarakan orang saat ini di twitter tentunya! twitter akan mengindex topik bahasan yang paling sering di tulis di status pengguna dan mengurutkannya berdasarkan jumlah. trend topik bisa anda lihat di bagian kanan twitter tepatnya di bawah kolom serach!
Memanfaatkan Kolom Search, jika anda tidak tertarik dengan trend topik yang lagi hot maka anda bia mencari informasi tertentu dengan mengetikan kata yang berkaitan dengan topik yang anda cari kemudian twitter akan menampilkan daftar status yang menulis tentang hal tersebut!

Twitter Lists
Twitter List adalah layanan baru dari twitter, dengan twitter list kini kita bisa mengatur daftar kontak baik follower maupun following dalam banyak kategori menggunakan fitur baru yang disebut Lists. Fitur seperti ini sudah menjadi hal yang standar di layanan instant messaging namun baru kali ini disediakan Twitter.
Cara memanfaatkan twitter list : Buatlah kategori dengan nama tertentu dan pilih nama-nama yang akan dimasukkan dengan melakukan pencarian di daftar follower/following atau tambahkan nama baru. Bisa juga dengan keluar ke menu awal dan pilih secara manual satu demi satu dengan menge-klik fitur manage lists.Dengan adanya Lists ini, interaksi di Twitter akan semakin mudah bagi pengguna awal dan lebih fokus. Saat seorang pengguna membuat List yang menarik, pengguna lain bisa langsung menjadi follower semua orang yang ada dalam daftar list tersebut.

Referensi
berikut saya sertakan beberapa profile twiiter yang mungkin bermanfaat bagi kita sekalian, ini hanya referensi bukan berarti rekomendasi yah, monggo kalau mau di follow atau tidak!
MEDIA :
  • http://twitter.com/tvOneNews
  • http://twitter.com/Metro_TV
  • http://twitter.com/antaranews
  • http://twitter.com/E_lifestyle
INTERNET MEDIA :
  • http://twitter.com/TweetDetik
  • http://twitter.com/kaskus
  • http://twitter.com/FJBkaskus
  • http://twitter.com/dagdigdug
  • http://twitter.com/curipandang
PEMERINTAH :
  • http://twitter.com/PRESIDEN_RI
PERINGATAN DINI :
  • http://twitter.com/infogempabmg
  • http://twitter.com/H1N1Alert
COMPANY :
  • http://twitter.com/IndoGlobalWeb << Web Hosting Provider
  • http://twitter.com/BNI46 << Bank BNI
  • http://twitter.com/cinema21 << Bioskop 21
  • http://twitter.com/nokia
  • http://twitter.com/microsoft
  • http://twitter.com/macTweeter
  • http://twitter.com/bing
  • http://twitter.com/yahoo
  • http://twitter.com/google
TOKOH :
  • http://twitter.com/BarackObama << Anak Menteng :)
  • http://twitter.com/boediono << Boediono (Wapres)
  • http://twitter.com/tifsembiring << Tifatul Sembiring (MenKomInfo)
  • http://twitter.com/salimsegaf << Salim Segaf AlJufrie (MenSos)
  • http://twitter.com/wimar << mantan jubir presiden
  • http://twitter.com/luthfihasan << Presiden PKS
  • http://twitter.com/nukman << Virtual co id
SELEBRITY :
  • http://twitter.com/therealDiSastr
  • http://twitter.com/ringgoagus
  • http://twitter.com/GIRING_GOOD2
  • http://twitter.com/PongkyPrasetyo
  • http://twitter.com/saykoji
  • http://twitter.com/lunmay
  • http://twitter.com/gitagut
  • http://twitter.com/sarseh
  • http://twitter.com/titikamall
  • http://twitter.com/revalinatemat
  • http://twitter.com/indybarends
  • http://twitter.com/sheilaon7
  • http://twitter.com/cutkeke
  • http://twitter.com/agnezmo
  • http://twitter.com/Aritulang
  • http://twitter.com/birowo
  • http://twitter.com/masayulembu
  • http://twitter.com/Nolabaldy
  • http://twitter.com/marcellsiahaan
  • http://twitter.com/dewisandra
  • http://twitter.com/bclsinclair
  • http://twitter.com/bclsinclair
  • http://twitter.com/sisogi
  • http://twitter.com/SophiaLatjuba
  • http://twitter.com/indrabektiasli
  • http://twitter.com/CTinsert
  • http://twitter.com/ersamayori
  • http://twitter.com/mieke_amalia
  • http://twitter.com/desta80s
  • http://twitter.com/tora_sudiro
  • http://twitter.com/farhanpenyiar
  • dll capek ….. :( (
REPORTER TV :
  • http://twitter.com/FiraBasuki
  • http://twitter.com/inne_nathalia
  • http://twitter.com/indyrahmawati
  • http://twitter.com/KaniaSW
  • http://twitter.com/melissa_karim
  • http://twitter.com/RizaPrimadi
  • http://twitter.com/NajwaShihab
Semoga Bermanfaat :)

Bye bye co.id… net.id… web.id, Welcome ID doang

Jakarta, Endonesia — Pemerintah Indonesia, via Departemen Kominfo, akhirnya berbuat pintar juga. Pemerintah akan segera membubarkan penggunaan domain bertele-tele semacam co.id, net.id, or.id, web.id, sch.id, dll, dan menggantinya dengan domain berakhiran tungal: ID. 

Direktur Jenderal Aplikasi Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjayadi Jumat lalu (22/6) mengatakan, pelaksanaan perubahan itu akan dilakukan secara bertahap dan dilakukan berdasarkan akhiran domain yang sudah dimiliki pengguna. 

Para pemilik doamin .net.id, co.id, dan web.id, misalnya, diberi waktu hingga 31 Agustus 2007 untuk mengubah nama domainnya. Sedangkan pemilik domain sch.id, ac.id, dan or.id, kata mantan Dirut PT Pos Indonesia itu, diberi tenggat waktu hingga 30 Septermber 2007. Adapun pemilik domain go.id dan mil.id diberi waktu hingga 28 Februari 2008. 

Per Juni 2007 terdapat 38.461 nama domain yang menggunakan aneka akhiran id. Rinciannya: co.id sebanyak 17.552 buah (48%), web.id 8.814 (24%), or.id 5942 (16%), sch.id 1533 (4%), go.id 1461 (4%), mil.id 1032 (3%), net.id 266 (1%) dan war.net 108 (1%). 

Cahyana Ahmadjayadi juga mengungkapkan bahwa Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) tidak akan lagi bertindak sebagai pengelola domain. Tugas tersebut sekarang dipegang oleh lembaga nirlaba bernama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), yang diketuai oleh Teddy Sukardi.
Langkah pemerintah ini bisa dibilang langkah cerdas. Pasalnya, ragam domain yang ada selama ini terlihat tak lucu. Perusahaan, misalnya, mesti pakai co.id, yang kerap diplesetkan sebagai ko-it atau koit, alias mati. Jadi kalau ingin jadi perusahaan yang mati, pakailah akhiran co.id. 

Meski cerdas, tak jelas mengapa pengurusan domain diserahkan kepada PANDI. Terlebih lagi, meski lembaga ini mengurus domain, PANDI hingga kini justru tak jelas di mana alamat domainnya. Logisnya sih, www.pandi.or.i d . Sayangnya, domain yang satu itu sampai sekarang masih kosong melompong. 

Software registrasi domain Indonesia pun sedang diperbarui. Status software bernama Address itu hingga kini masih beta. Pembuatnya adalah Ametis Technology, http://www.ame tis.co.id *** che 

Link:
Introduction to ID by Teddy Sukardi
http://www.scr ibd.com/doc/124631/Introductio n-to-ID

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More